Teknologi pertanian jepang yang belum dimiliki indonesia

Teknologi pertanian jepang yang belum dimiliki indonesia masih terbilang banyak. Sebagai negara maju dan negara industri terbesar ke tiga di asia, jepang sangat mudah untuk mengahasilkan atau menciptakan produk maupun alat yang sangat bekualitas terutama teknologi pertanian. Kini alat pertanian berkembang sangat pesat terutama di negara jepang. Banyak perusahaan industri yang bersaing untuk meciptakan teknologi agar dapat menunjang keberhasilan dalam bidang pertanian.

"<yoastmark

Baca juga artikel lain di : http://intervisioncctv.com/

Banyak teknologi pertanian jepang yang sangat canggih dan mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Teknologi ini sendiri adalah sebuah rancangan tangan manusia yang bertujuan untuk mempermudah para petani melakukan aktivitasnya. Indonesia yang masih menjadi negara berkembang masih belum bisa menyaingi jepang dalam hal teknologi. Tetapi meskipun begitu, indonesia juga menjadi negara industri terbesar ke empat setelah jepang.

Meskipun indonesia memiliki lahan pertanian yang luas dan tanah yang lebih subur jika di bandingkan dengan negara jepang. Tetapi untuk hal teknologi pertanian, jepang lebih unggul dari indonesia. hal itu juga tidak memutuskan semangat penduduk jepang untuk bersaing. Meskipun tidak memiliki lahan pertanian yang luas, masyarakat jepang juga menerapkan pertanian tanpa lahan. Mereka melakukan pertanian di dalam ruangan seperti yang sering diketahui sebagai hidroponik.

Hal tersebut dapat membantu masyarakat jepang meskipun tidak memiliki lahan yang luas tetapi masih bisa menghasilkan hasil pertanian yang sangat berkualitas. Negara jepang hanya memiliki 25% luas lahan pertanian dari total wilayahnya. Tetapi meskipun demikan satu orang petani bisa mempunyai lahan pertanian yang luasnya bisa sampai 10 hektar.  Dari hal itulah mereka menerapkan pertanian tanpa lahan. Pertanian tanpa lahan ini juga memerlukan teknologi pertanian jepang yang canggih tentunya.

Alat pertanian dari jepang ini ada sebagian yang sudah masuk ke negara indonesia. Tetapi tak banyak masyarakat indonesia yang memilikinya. Mungkin sebagian besar yang memilikinya adalah pengusaha- pengusaha besar yang bergerak dalam bidang pertanian. Hal ini disebabkan karen dapat membantu para pengusaha tersebut mampu menghasilkan kualitas pertanian yang sangat umggul dan berkualitas. Dan tentunya agar pengusaha pertanian indonesia dapat bersaing dengan negara negara maju.

Inilah beberapa teknologi pertanian jepang yang indonesia belum punya

Jepang memiliki teknologi rekayasa genetik

Hasil dari teknologi pertanian jepang merupakan hasil  panen yang berkelas dunia. Hal ini dikarenakan hasil tersebut telah dilakukan penelitian terhadap rekayasa genetik. Penelitian tersebut menjadikan hasil pertanian jepang sangat baik. Hal ini juga telah di coba oleh negara-negara yang lain. Tetapi, hanya jepanglah yang berhasil menjalankan penelitian tersebut. Dan juga jepang memiliki petani yang mempunyai etos kerja yang baik.

Alat perawatan tanaman

Jika di indonesia masyarakatnya masih menggunakan tenaga manusia dalam hal pemberian pupuk maupun pestisida, tetapi beda halnya dengan jepang. Negara jepang telah memiliki teknologi atau alat untuk dapat memberikan pupuk secara merata. Teknologi pertanian ini dapat bekerja dengan dijalankannya sebuah mesin yang seperti kendaraan yang memiliki setir. Lalu, kendaraan tersebut mampu menyiram pupuk tersebut secara menyeluruh ke semua tanaman.

Alat panen padi

Teknologi pertanian jepang yang satu ini, sebenarnya indonesia juga telah ada. Tetapi, jika di indonesia alat pertanian tersebut memerlukan 3 orang bahkan lebih untuk menjalankannya, berbeda dengan dari jepang tersebut. Alat tersebut hanya memerlukan satu tenaga manusia untuk dapat di jalankan. Teknologi tersebut lebih besar dari yang indonesia miliki. Tentunya juga dapat memuat banyak padi yang ingin di panen.

Dan itulah beberapa penjelasan mengenai teknologi pertanian jepang yang telah berkembang sangat pesat. Untuk semua negara harus bisa mencontoh semangat kerja dari penduduk jepang yang dapat membuat kita lebih baik lagi dalam bidang pertanian.